Selasa, 25 Oktober 2011


Sejarah, Inspirasi Hingga Mobil Tercepat Pakai Matik, Layak Anda simak!

OTOMOTIFNET - Bicara matik, tidak hanya memaparkan teknologi saja. Mulai dari sejarah, inspirasi hingga mobil tercepat berkaitan matik layak Anda simak


Mulai dari konsep yang notabene imaji sang kreator hingga penerapan teknologi terkini menjadi hal menarik untuk dicermati. Apalagi perkembangan matik berarti juga membicara sejarah itu sendiri.


Selanjutnya, fenomena matik tidak hanya melanda transportasi massal, dunia balap pernah merasakan hal ini juga. Meski masih dilarang, namun terobosan berani pernah tercetus di sini.


Sementara demam matik tidak hanya berlaku di luar sana, fenomena transmisi otomatis juga hinggap di Tanah Air. Menariknya, justru Indonesia juga digunakan sebagai basis produksi transmisi matik dunia oleh pabrikan Honda.


Inilah nukilan artikel yang rugi bila Anda lewatkan. Selamat membaca…


Sturtevant, pencetus matik dunia 


Namanya seolah tenggelam oleh Henry Ford saat kendaraan bermesin diperkenalkan ke publik. Padahal, ide cemerlang Sturtevant bersaudara memperkenalkan transmisi matik sederhana di Horseless Carriage di tahun 1904. Transporter bertransmisi 2-speed  bisa menerjemahkan konsep Sturtevant.
Sayangnya, secara publikasi dan pemasaran konsepnya tidak begitu membuncah. Baru ketika Henry Ford menyempurnakan konsep matiknya di Ford Model T yang sudah dikendali via pedal kaki.


Da Vinci inspirator CVT 


Bila Anda berpikir Leonardo Da Vinci hanya hebat dalam soal melukis pesona Monalisa atau filsuf ulung, kini bersiaplah menambah julukan sang maestro. Konsep Continuously Variable Transmission  alias CVT berawal dari otak cerdas Da Vinci di tahun 1490 (sumber: Birch, Stuart. “Audi Takes CVT From 15th Century to 21st Century”).


Daya imaji yang tinggi mampu menghasilkan konsep CVT seperti yang kita kenal sekarang. Tidak heran kalau Leonardo Da Vinci layak menyandang sebagai “Bapak CVT Dunia”.
Williams mengadopsi CVT di F1 dan dilarang! 


Williams Team F1 membuat terobosan berani di musim 1992. Itulah kali pertama tim F1 mengadopsi CVT untuk mobil balap di trek. Langkah revolusiner Williams jelas membuat tim lain khawatir dan FIA pun merespons cepat kasus ini. Penggunaan CVT seketika dilarang dan Williams mesti mematuhi regulasi tersebut. Hingga kini, penggunaan transmisi ini masih dilarang FIA di ajang jet darat.


Bugatti Veyron, termahal dan tercepat 


Anda pasti tahu supercar  termahal dan terkencang di dunia, Bugatti Veyron. Mau tahu harganya? Satu unit Veyron dibanderol $1,7 juta (Rp 15,8 miliar).


Akselerasinya sangat mengagumkan, dengan laju 0–96 km/jam mampu ditempuh dalam waktu 2,6 detik saja. Selain itu top speed  Veyron yang tercatat resmi adalah 408,47 km/jam yang diraih pada sesi tes di test track  Ehra-Lessien (19 April 2005). Menjadikan Veyron adalah mobil produksi tercepat di dunia.


Untuk menyalurkan tenaga 1.001 dk dari mesin 8.000 cc W16-nya ke keempat roda penggerak, Bugatti Veyron dilengkapi transmisi DSG 7-percepatan. Girboks ini didesain dan diproduksi oleh Ricardo, spesialis transmisi asal Inggris. Asal tahu saja, penggantian transmisi di Veyron memakan biaya sebesar AS$120.000 (Rp 1,128 miliar)!


It’s truly fantastic…


Indonesia basis produksi matik dunia 
Setelah Amerika Serikat dan Jepang, Indonesia menjadi negara produsen terbesar dunia untuk transmisi otomatis mobil Honda. Sukses memproduksi 1 juta transmisi otomatis selama 5 tahun berdiri, kapasitas produksi PT Honda Prospect Motor ditingkatkan hingga 370 ribu per tahun. Diperkirakan selama 14 tahun produksi, pabrik Honda di Karawang ini mampu menghasilkan 5 juta transmisi matik.


Hanya 5% yang dipasok untuk pasar lokal. Sementara 95% hasil produksinya dipasok ke 12 negara tujuan ekspor seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Brazil, Turki, Taiwan, India, Pakistan, Inggris, dan Meksiko.
BMW M3, tercepat versi Auto Bild 


Menginjak tahun ketujuh Auto Bild Indonesia, ada beberapa mobil baru bertransmisi matik terkencang yang pernah dites. Salah satunya adalah BMW M3 Coupé yang kami tes pada Mei 2009. Mobil kencang asal Munich ini hanya butuh 5,26 detik untuk berakselerasi 0–100 km/jam.


Manumatic 


Merupakan transmisi otomatis dengan beberapa elemen kontrol yang memungkinkan perpindahan gigi dilakukan secara manual. Transmisi ini pertama kali digunakan untuk mobil produksi massal di Porsche 911 pada 1990 dengan nama Tiptronic. Selanjutnya pabrikan-pabrikan mobil dunia mengembangkan sistem serupa dengan berbagai nama seperti Geartronic, Touchshift, Sportronic, dan lain-lain.


Berikut daftar nama transmisi manumatic  dari berbagai pabrikan mobil dunia:
1.    Acura    : Sequential SportShift
2.    Alfa Romeo    : Sportronic, Q-Tronic
3.    Alpina    : Switchtronic
4.    Aston Martin    : Touchtronic
5.    Audi    : Tiptronic
6.    BMW    : Steptronic
7.    Chevrolet    : TAPshift
8.    Chrysler / Dodge / Jeep    : AutoStick
9.    Ford (Australia)    : Sequential Sports Shift
10.    Ford (USA)    : SelectShift
11.    Holden    : Active Select
12.    Honda    : iShift, S-matic, MultiMatic, SportShift
13.    Hyundai    : Shiftronic, HIVEC H-Matic
14.    Infiniti    : Manual Shift Mode
15.    Jaguar    : Bosch Mechatronic
16.    Kia    : Sportmatic
17.    Lancia    : Comfortronic
18.    Land Rover    : CommandShift
19.    Lexus    : E-Shift
20.    Lincoln    : SelectShift
21.    Mazda    : ActiveMatic
22.    Mercedes-Benz    : TouchShift
23.    MG-Rover    : Steptronic
24.    Mitsubishi    : INVECS, INVECS II, INVECS III, Sportronic, Tiptronic, Allshift
25.    Nissan    : Xtronic
26.    Opel / Vauxhall    : ActiveSelect, Tiptronic
27.    Peugeot    : 2Tronic
28.    Pontiac    : Driver Shift Control (DSC)
29.    Porsche    : Tiptronic, Tiptronic S
30.    Saab    : Sentronic
31.    Saturn    : TAPshift
32.    SEAT    : Tiptronic
33.    Škoda Auto    : tiptronic
34.    Subaru    : Sportshift (sistem dikembangkan dan menggunakan nama di bawah lisensi dari Prodrive Ltd.)
35.    Smart    : Softip
36.    Toyota    : E-Shift
37.    Volkswagen Commercial Vehicles    : Tiptronic
38.    Volkswagen Passenger Cars    : Tiptronic
39.    Volvo    : Geartronic
http://mobil.otomotifnet.com/read/2010/04/09/9826/158/22/Sejarah-Inspirasi-Hingga-Mobil-Tercepat-Pakai-Matik-Layak-Anda-simak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar